24 Apr 2013


Analisis Wacana Perspektif Foucault
1.      Abdul Gani
NIM A1B108256
2.      Nor Henny
NIM A1B110223
Jakarta, C&R Digital - Setelah dinyatakan terbukti bersalah atas tuduhan perlakuan kekerasan, aktris Nikita Mirzani pun divonis empat bulan penjara dan dipotong 57 hari masa tahanan. Menghadapi hal itu, Niki, sapaan akrabnya, mengaku pasrah.
"Ya harus gimana lagi, ini memang harus dijalani. Kalau masuk ya sudah tinggal masuk. Kecewa saja akhirnya seperti ini," ungkapnya saat ditemui usai sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (24/04).
Lebih lanjut, bintang film Pokun Roxy ini mengaku kecewa lantaran keputusan majelis hakim yang dianggapnya tidak sesuai dengan fakta di persidangan.
"Perasaan Niki kecewa ya. Cuman itu doang," katanya.
Namun menurut kuasa hukum Nikita, Fahmi Bachid, vonis hakim bukanlah akhir dari perjuangan Niki untuk mencari keadilan.
"Ini bukan akhir dari perjuangan Niki buat cari keadilan. Dia masih punya hak melalui pengadilan tinggi," tuntas Fahm

Analisi Perspektif Foucault
1.      Wacana yang terjadi di masyarakat
Nikita mengaku pasrah karena dinyatakan terbukti bersalah oleh putusan pengadilan atas tuduhan perlakuan kekerasan yang dilakukannya, ia divonis empat bulan penjara dan dipotong 57 hari masa tahanan.

2.      Wacana dominan dan terpinggirkan
Wacana dominannya adalah Nikita divonis empat bulan penjara dan dipotong 57 hari masa tahanan karena perlakuan kekerasan. Sedangkan wacana yang terpinggirkan adalah sebenarnya Nikita telah melakukan perlakuan kekerasan seperti apa sehingga dia sampai divonis empat bulan penjara dan dipotong 57 hari masa tahanan.

3.      Pembatasan pandangan
Pandangan kita pada wacana di atas dibatasi karena yang diungkap di atas hanyalah vonis empat bulan dan dipotong 57 hari masa tahanan yang dijatuhkan hakim pengadilan kepada Nikita tetapi Nikita pasrah saja dengan putusan tersebut dan menganggap putusan itu tidak sesuai dengan fakta persidangan.

4.      Efek wacana berita setelah dipublikasikan
Efek yang terjadi di masyarakat adalah masyarakat menganggap bahwa Nikita memang terbukti bersalah karena melakukan perlakuan kekerasan yang dilakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar